Kegiatan Bulan Ramadhan ku

Bulan Ramadhan 

Bulan Ramadhan adalah bulan suci dalam agama Islam yang dianggap istimewa oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, menahan diri dari makanan, minuman, dan aktivitas yang membatalkan puasa. Bulan Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya menjadi waktu yang sangat berarti bagi umat Muslim. Beberapa keistimewaan di bulan ramadhan yaitu: 

Kesempatan mendekatkan diri kepada Allah SWT

Puasa di bulan Ramadhan dianggap sebagai ibadah yang paling utama dan memiliki nilai pahala yang besar. Selama bulan ini, umat Muslim berusaha lebih giat melaksanakan shalat, membaca Al-Quran, bersedekah, dan melakukan amal kebaikan lainnya.

Kesempatan untuk meningkatkan kesabaran

Puasa di bulan Ramadhan melibatkan menahan diri dari makanan, minuman, dan aktivitas yang membatalkan puasa sepanjang hari. Ini membantu umat Muslim meningkatkan kesabaran mereka dalam menghadapi tantangan dan cobaan sehari-hari.

Banyak masyarakat Indonesia melakukan berbagai kegiatan saat bulan Ramadhan diantaranya yaitu: 

Tadarus

Pada bulan puasa, semua amal ibadah yang kita lakukan akan berlipat ganda pahalanya, termasuk tadarus Alquran. Manfaat tadarus galat satunya merupakan menerima ilmu pengetahuan lebih banyak ihwal Alquran. Anda juga bisa belajar buat membaca Alquran dan tahu artinya lebih baik asal sebelumnya.

Membangunkan sahur

Demi membangunkan rakyat buat makan sahur agar tak terlewat, mereka menggunakan alat-alat yang terdapat seperti indera masak, gendang, maupun botol plastik, tentunya diikuti menggunakan suara yang lantang. “Sahuuur… sahuuurrr…”

Buka puasa bersama 

Buka puasa beserta menjadi aktivitas yang seakan tidak boleh ketinggalan. agenda ini menjadi ajang silaturahmi serta reuni dengan anggota keluarga, teman sekolah atau universitas, juga rekan kerja. Lokasi buka puasa beserta seringnya diadakan pada restoran maupun di tempat tinggal .

Ngabuburit

Biasanya dilakukan kebanyakan kalangan remaja bahkan orang tua yang suka dan melakukan aktivitas sembari menunggu adzan maghrib dengan ngabuburit u tuk mencari takjil jajanan pasar di pinggir jalan.

Dibawah ini salah satu contoh kegiatan selama bulan ramadhan 

Bagi-bagi takjil sekaligus ngabuburit bersama teman-teman



Buka puasa bersama teman-teman kuliah


Yt: https://youtu.be/oAuuMTNoxc8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanpa Narkoba Kita Keren

HUT RI KE-79